Ulasan Menulis kreatif by Raditya Dika


Faaiz Dharmaputra 8B



ULASAN BUKU RAHASIA MENULIS KREATIF by: Raditya Dika





Pertama tama opini saya tentang buku ini yaitu sangat inspiratif. Kita semua tahu raditya dika merupakan salah satu penulis novel terbaik bahkan sampai novel nya diangkat menjadi film. Mungkin bukan hanya tentang dia jago menulis, unsur komedik di novelnya pun menjadi ciri khas bagi para pembaca. Namun di buku ini tidak ada unsur komedi tetapi Bisa membantu kita untuk menjadi penulis hebat seperti raditya dika.



Saya mulai dari Bagian 1: persiapan sebelum menulis. Raditya dika menyebutkan bahwa banyak penulis yang kehabisan ide dalam menulis novel atau bias di bilang sindrom kertas putih. Tetapi ada penulis yang kehabisan ide tetapi ia mendapat ide dari sesuatu sekitarnya. Raditya dika mengakui ide sebuah karya ia dapat dari kegelisahan. Mulai dari kegelisahan patah hati ,kesepian, dan lain-lain. Lalu setelah ketemu ide harus dibuat premis berupa : karakter,tujuan, dan halangan. Kegunaan premis dapat membantu dalam menulis serta memperluas scenario cerita. Setelah premis , maka ada pembuatan karakter. Pembuatan karakter harus lengkap mulai dari jalan cerita karakter seperti apa dan ada ciri istimewa, kekurangan maupun kelebihan. Tidak lupa menambah point of view karakter yaitu antagonis dll. Maka semua pun sudah dibuat, tinggal membuat struktur tiga babak berupa introduksi, aksi, dan konklusi. Serta di kasi tau cara merangkum semua struktur tersebut.




Bagian 2: Dasar-dasar menulis kreatif, di bagian ini di jelaskan cara memberikan point of view sesuai karakter seperti jika penulis cowok dan karakter cewek maka harus di lihat watak cewe seperti apa. Serta pembagian karakter utama. Lalu di jelaskan cara membuat first line yang akan mengatur mood di cerita tersebut. Sebaiknya di sarankan menggunakan first line yang unik. Setelah first line kita beranjak ke showng and telling, gaya Bahasa memengaruhi showing and telling. Lalu ada metafora, tulisan yang ada metafora dapat membuat pembaca merasakan yang di gambarkan tulisan tersebut. Dan ada voice merupakan dialog kata-kata karakter yang unik seakan akan mempunyai ciri khas. Yang terakhir yaitu menambah unsur komedi, dijelaskan cara membuat komedi dengan karakter yang telah di buat serta di sarankan untuk tidak menggunakan komedi jauh dari watak karakter dan cerita




Bagian 3: seteah penulisan. Pertama Editing, berupa beberapa dialog yang panjang panjang harus di persingkat. Kedua adalah mencari penerbit dengan cara mencari yang berpengalaman tetapi yang terpenting adalah naskahmu. Setelah itu maka promosikan tulisan mu ini. Jika laris maka bias menembus layar kaca seperti menjadi film.




Penutup: hidup sebagai penulis.disini Raditya dika menjelaskan tentang kehidupannya sebagai penulis setelah yang dia lalui, di akhir ia berharap bahwa buku ini Bisa menginspirasikan para penulis.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reportase pensi gmacentia

Liburanku 2019

cara membuat blog dan mengelolanya