menulis setiap hari

Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Tak ada penulis yang tidak rajin membaca. Semua ituberproses yang dimulai dari adanya ide. Ketika ide muncul lekaslah menulis tanpa mengeditterlebih dahulu. Editlah tulisan setelah ide yang ada dalam otak Anda sudah tersalurkan dengan baik melalui tulisan. Jangan ragu dan takut salah. Teruslah menulis, karena dengan menulis Anda akan melatih otak, mata, dan bibir Anda agar bersinergi dengan kedua tangan Anda. Bila otak, mata, bibir, dan tangan sudah
menyatu, maka akan terlahirlah tulisan yang bermutu. Tulisan yang bermutu akan menarik hati setiap orang yang membacanya.

Tulisan yang baik tidak langsung sekali jadi. Karena itu proses editing harus juga dikuasai oleh penulis yang baik bila tulisannya mau dibaca oleh orang lain. Kegiatan pokoknya menulis lalu mengedit sudah harus dibiasakan mulai dari sekarang. Tulislah apa saja yang menarik hati dan tulislah apa saja yang Anda kuasai. Jangan menuliskan apa yang tidak Anda kuasai, karena tulisan Anda akan terasa hambar. Seperti sayur tanpa garam.

Akhirnya, manfaatkan waktu luang kita untuk menulis. Di mana saja dan kapan saja. Ketika ada waktu luang untuk menulis, segeralah menulis. Jangan ditunda-tunda bila ide segar muncul. Bila kita orang yang mudah lupa, gunakan catatan kecil untuk menuliskannya. Saya yakin kita pasti bisa melakukannya, asalkan kita mampu mengalahkan belenggu dalam diri kita sendiri. Namun kalau boleh usul, waktu yang baik untuk menulis adalah menulislah sebelum tidur.


saya akan sam-paikan poin-poin penting yang saya dapatkan darimenulis sebagai berikut.

• Menulis merupakan proses berpikir sehingga bagi seseorang yang
banyak menulis, pikirannya akan menjadi lebih tajam, lebih
hidup, dan lebih jernih mengamati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reportase pensi gmacentia

Liburanku 2019

cara membuat blog dan mengelolanya