Liburan:Umroh Faaiz Dharmaputra 8B

Faaiz Dharmaputra 8B

Liburan : Umroh

Liburan akhir semester atau biasa disebut liburan akhir tahun merupakan hal yang paling ditunggu oleh siswa-siswi. Mereka pun menghabiskan liburan dengan berbagai macam cara, ada yang dirumah,jalan-jalan lah dan lain-lain. Saya akan menceritakan pengalaman liburan.

Umroh
Pada hari ini saya sudah menyiapkan semua barang-barang untuk dikemas.saya dan keluarga ingin pergi umroh alias ke arab Saudi . Niatnya pastinya pingin umroh dan ibadah . Jam 11.20 pagi kami semua sudah bersiap-siap untuk pergi ke bandara. Saat sampai di Bandara kami menemui tour guide patuna ungu dan menunggu gate boarding untuk dibuka, perjalanan dari Indonesia ke Madinah memakan waktu sekitar 8 jam. Pesawat yang kami naiki akan terbang pada pukul 14.30 Pada saat  boarding gate telah di buka kami menaiki pesawat. Kebetulan dari tournya kami dikasih tiket pesawat Garuda. Dalam pesawat tersebut saya tidur sepanjang perjalanan. Saat sampai di dubai waktu menunjukkan pukul 10.00 malam karena Indonesia dan madina selisih 4 jam.

Setelah kami melewati imigrasi. Tour Patuna sedang mengambil bagasi kami serta mengantarkan ke bis. Setelah menunggu lama di bis, akhirnya berangkat ke hotel kami. Istirahat, paginya kita sholat shubuh di masjid nabawi dan sarapan. Kami juga sholat di makam rasullullah SAW serta berdoa di tempat tersebut. Tidak hanya itu, karena masjid nabawi luas kami pun menjelajahinya.

Keesokan harinya,Pagi-pagi saya sarapan lalu kita ke kota dan kita berjalan-jalan ke sekitar kota madina,hari ini merupakan pengalaman yang sangat seru kami menaiki jabal uhud tetapi gak sampai ke puncak, dan meliat beberapa pemandangan indah dari bukit tersebut  dan sejarah perjalanan islam dan rasulullah SAW di kota Madinah. Tidak hanya itu kami juga ke sebuah tempat yang bersejarah lainnya seperti masjid pertama yang  dibangun nabi, kebun kurma, dan masjid dimana Rasulullah SAW diperintahkan untuk mengganti kiblat menghadap ke kakbah. Kebun kurma berisi berbagai macam kurma tentunya, uniknya tempat tersebut dikelola oleh orang Indonesia.
Akhirnya setelah perjalanan kami city tour kota madinah, kami pun balik ke hotel pada malam untuk beristirahat

Ke Mekkah
Setelah menjelajahi kota madinah kemarin, kami berencana untuk umroh dan mengambil miqad. Bangun, sholat subuh, serta sarapan. Ustad bilang semua laki-laki dan wanita harus berpakaian ihram untuk mengambil miqad maupun umroh, maka sehabis kami sholat dzuhur di masjid nabawi dan makan siang, kami berganti pakaian ihram.

Berangkat ke Bir Ali untuk mengambil miqad, Miqad biasanya dilaksanakan dengan sholat sunah ihrom atau umroh lalu dilanjutkan dengan niat umroh. Mengingat perjalanan dari madinah ke mekkah memakan waktu yang lama yaitu 5 jam , saya menyiapkan berbagai snack dan minuman untuk persiapan perjalanan. Setelah perjalanan berlalu 4 jam, kami istirahat di sebuah rest Area untuk makan malam dan sholat maghrib jamak dengan isya. Setelah istirahat, perjalanan pun dilanjutkan sampai akhirnya sampai di kota Mekkah. Waktu menunjukkan pukul 10.00 malam di jam dinding Hotel,mengingatkan tour patuna Ungu hanya punya waktu sejam untuk istirahat sebelum melaksanakan Umroh.

Kemudian, tour patuna ungu pun berangkat ke masjidil Haram. Pertama-tama kami melaksanakan Tawaf Umroh sejumlah 7 kali putaran. Setelah melakukan tawaf umroh yang cukup melelahkan,dilanjutkan dengan melakukan hukum umroh selanjutnya yaitu sai, berlari kecil 7 putaran dari Safa ke Marwah terus sebaliknya. Kami semua pun berhasil menyelesaikannya dan alhamdulillha tidak ada yang sakit. Tahalul pun dilakukan (pemotongan rambut minimal 3 helai), maka dari itu Umroh pun selesai.2 hari setelah Umroh, tersisa satu hari di mekkah, kami pun packing dan beres-beres, serta tidak lupa untuk membeli oleh-oleh.

Esoknya kami melakukan tawaf perpisahan , dan berangkat ke bandara. Patuna Ungu terbang menggunakan Garuda, boarding jam 19:40. Sampailah di Jakarta pukul 10:00 pagi. Saya pun pulang ke rumah.