Tugas Laporan Wisata Edukasi
Hari kamis 19 Oktober 2017
kami kelas 7 sudah berada di halma smp labschool Jakarta untuk melakukan apel pembukaan sebelum pergi untuk wisata edukasi ke Puspitek dan TMII, diTMII kami pergi ke sky world dan dunia air tawar. Pada saat pukul 07:00 kelas 7 dan kelas 9 melakukan apel  pembukaan di halma,beberapa teman saya mengambil Video dan yang lainnya Asik ngobrol sampe dimarahin. Apel selesai sekitar jam 07:45 Sedikit telat 15 menit gara gara berisik . Setelah Apel pembukaan kita semua menuju ke lapangan Sma untuk Menaiki Bis. Kebetulan saya kelas 7D berarti saya di Bis 4. Di Bis saya dan teman teman mengobrol sambil mendengar Lagu dan lain lain. Perjalanan ke puspiptek memakan sekitar 1 jam setengah.




Sesampainya di sana kami di sambut oleh bagian dari PUSPIPTEK di auditorium Puspiptek . Setelah sambutan dan pengarahan kita semua kembali ke bis dan memakai jas labs menuju ke laboratorium yang sudah di tentukan. Kelas 7D mendapat bagian bioteknologi di sana kita mewawancarai serta mendapat pengetahuan oleh bapak Imran Rasyidi di bagian BioTeknologi tidak hanya itu para murid 7D termasuk saya menyiapkan LK dan menanyakan pertanyaan ke bapak Imran Rasyidi . Salah satu pengetahuan bapak Imran Rasyidi adalah   Bio teknonlogi memanfaatkan bakteri atau lain  lain untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kita diajak berkeliling dan melihat berbagai hal seperti melihat Fermentasi Tempe dan tempat penanaman tumbuhan seperti anggrek. Sehabis itu kita sekelas mengambil Foto dengan Bapak Imran Rasyidi dan kembali ke bis. Di bis kita mendapat makan siang yaitu KFC. setelah makan siang kita menuju taman mini indah Indonesia atau di singkat TMII. Saatb perjalanan banyak teman teman saya yang tidur ada yang sibuk sendiri juga banyak banget yang ngobrol. Pada saat sudah sampai di TMII kita yang muslim  pertama pertama melaksanakan sholat Dzuhur . setelah sholat dzuhur saya kembali ke bis dan menuju ke Skyworld. di skyworld pertama tama kita dikumpulkan di auditorium dan diberi pengarahan. Selain itu kita juga di tayangkan sebuah Film yang berjudul Journey to the edge of the universe. Film tersebut menceritakan tentang planet planet komet dan isi atau sanggup kah manusia tinggal di tempat tersebut. Salah satunya adalah planet venus dalam film tersebut mungkin Venus di sebut bintang kejora karena keindahannya tapi ternyata isi planet tersebut adalah bagaikan seorang putri yang marah. Planet tersebut penuh dengan lava dan magma dimana mana  banya banget temen temen saya yang ketiduran banyak juga yang sambil nonton Film terus ngupil nggak ada hentinya. Setelah itu kita keluar dan memasuki tempat yang berisi tentang alam semesta serta isinya. Di dalam tempat tersebut kita melihat beberapa pengetahuan luar angkasa dan perkembangan Indonesia dalam bidang astronomi. Saya dan teman teman juga melihat pengetahuan tentang planet seperti diameternya luasnya dan periode rotasinya. Tidak hanya itu, ada bagian yang menjelaskan tokoh tokoh mistis luar angkasa yang dipercaya beberapa masyarakat. Kita juga melihat para ilmuwan ilmuwan dari luar negeri maupun dari Indonesia contohnya: Nicolaus Copernicus. Dan juga ada beberapa roket roket buatan Indonesia. Juga ada Hologram tentang matahari. Juga ada Bagian yang menampilkan foto dan nama makhluk makhluk luar angkasa yang ada di film seperti: Spook dari startrek dan Yoda dari Star Wars. Setelah semua itu saya dan teman teman menonoton film pendek 3D dan yang pasti menggunakan kacamata 3D, sebelum Film dimulai salah satu teman saya mematahkan kacamata 3D nya jadi tanggung sendirti.. film tersebut menceritakan tentang seorang pilot yang jatuh dari pesawatnya lalu ia harus melewati semua rintangan yang ada dengan menaiki rollercoaster. Seru banget si sampe temnen saya di sebelah teriak teriak juga ada yang istigfar. Setelah  menonton kami bergantian dengan yang lain dan mendapat pizza. Saya duduk di kantin tersebut sambil mengobrol dengan teman bebrapa juga ada yang menyelesaikan LKS  wisata edukasi . niatnya saya ingin membeli popmie tapi karena keramean jadi saya memeutuskan untuk angkat kaki dari tempat jualan tersebut. Setelah makan kita diajak ke planetarium. Di planetarium kita ditayangkan layar tentang luar angkasa sana seperti rasi bintang sagitarius , scorpio dan lain lain. Kita juga ditayangkan film tentang pembuatan alam semesta dan isi isi planet . intinya planet terbuat dari suatu batu batuan yang bersatu membentuk menjadi planet. Sehabis dari planetatium kami ke bis dan sholat ashar di masjid. Sehabis sholat ashar kita gabung dengan sholat maghrib. Setelah sholat kita kembali ke labschool. Perjalanan sekitar memakan waktu 1 setengah jam. Sampailah di labschool lalu saya pulang. 


-Faaiz Dharmaputra 7D 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reportase pensi gmacentia

Liburanku 2019

cara membuat blog dan mengelolanya